Rabu, 10 April 2013

ROAD TO PANTAI GOA CINA



 
Nyasar oh nyasar
(Otw p. Goa Cina)
Sabtu,23 februari 2013
Pukul  4.15 WIB dini hari, Hujan deras membasahi kota Kediri (Mojoroto), tak disangka kediri saat subuh itu diguyur hujan dengan petir menggelegar di sudut- sudut kota. Tapi tak menyulutkan niat kami (E & D) Ke Malang (Goa cina)saat itu. Pukul 5.06 WIB menunjukkan sang surya akan kembali bersinar, dengan terangnya, untuk menyongsong indahnya hari,  saat itu kita mulai menylakan mensin montor metik kami (Vario Tekno). Langkah pertama yang kami tempuh, kita beli premium Rp 13.000. Kita mulai berjalan dengan kecepatan yang stabil, kita mulai meninggalkan kota Kediri dengan segala liruk pikuknya.
Jalur yang kita tempuh saat itu, kita memilih arah Babtis ke Timur, tai koyolnya saat perjalannya kita ke Timur, kita nyasar agak jauh, daerah Wates pokok arah ke G.kelut  “ hedeh nyasar dech” ujar aq. Kita dah terlanjur jalan jauh, tapi sopir aq (Mr. E) saat pede banget untuk terus melaju. Hingga kita sampai di jembatan yang berpaving 2 kali kita melewati jembatan seperti itu dan sebelum itu kita melewati jalan yang berlobang-lobang.Tawa pun tak tertahan lagi kita luapkan bersama tawa terbahak-bahak hingga kita sampai di Kotanya Blitar.’
Lalu kita melanjutkan perjalanan hingga daerah Kepanjen, di salah satu jalan kepanjen, 1 jalan yang membuat aq enjoy, karena sepi ,jalannya leBar, halus dan anginnya sepoi2. Aku sempat
lentangkan kedua tangan aq ke udara.E eeemmmmmm bagaikan terbang, he..he…he.. . Mr. E juga senang akan itu, meski begitu ia tetap focus menyetir. Karena terlalu nyaman jalan kita g’ kepikiran bahwa kita salah jalur lagi, “ hedeh” ujar aq. Aku Tanya orang, bapak2. Katanya kita terlalu jauh, bukan kekota malang arahnya, Tapi dari Kepanjen itu kita keselatan. Padahal kita baru nyampek di pusatnya kota malang itu( pukul 09.00 WIB)
Dan akhirnya kita samapai di pertigaan arah BALEKAMBANG dan SENDANG BIRU, Kita memilih arah kiri ke Sendang Biru. Jalannya lumanyan enak, jauuuuuuh banget kita sampai Desa SUMBERMANJING bahkan kita udah Tanya 2 orang lebih, 2 kali isi bensin (Rp 10.000),dan samapai kita melewati peggunungan. Akirnya sekitar  pukul 11.00 WIB kita melewati gardu yang bertuliskan “masuk Ds. Sumbermanjing “  tetapi sebelum itu kita melewati jalan pegunungan yang naik tdk menanjak banget, tapi sedang longsor . disitu ada penjaga aq lihat para pemuda daerah sekitar situ dan bapak2 yang mengatur lalulitas dan kita hamper nyasar lagi, kita nyasarnya di daerah pemakaman yang luas banget kanan kiri sisi jalan kuburan, kuburan ini tidak buruk, banyak pepohonan dan bunga kamboja yang ikut memperindah pemakaman itu. Oh ya..sempet aq hitung jumlah pemakaman yang kita lewati saat penjalanan ini, 12 pemakaman yang terlewat.
Mr. E ,,, “ peh te kok sek adoh tow, gek lewati gunung neh, pehL_ L” ujarnya . tampak Mr. E tamapk jenuh akan perjalanan yang amat jauh saat otw Goa Cina. Rindang banget pepohonan disamping jalan yang kami lewati, pohonnya seakan2 menyambut kedatangan kami dan sedikit polusi.Jalannya yang mulus dan ditemani hijaunya pemandangan sekitar, hingga sampai jalan terahkir arah menuju Goa CIna.
“SELAMAT DATANG DI P. GOA CINA” Itu hal yg pertama aq lihat saat sejauh perjalanan ini.Seneng bangetttttt.“HAH, HEM, PEH” Kata2 yang keluar dari mulut kita, ternyata perjuangan menuju ke P. goa cina belumlah tuntas, karena eh karena jalanannya rusak, cos masih makadaman yang parah, 1 Km perkiraan jalan makadaman yang menuju bibir pantai impian.

(foto jalan makadaman , dari atas montor)
JJJAkhirnya kita sampai di pintu gerbang P. goa cina, terlihat disisi samping jalan pantai , sejumlah rumah masih terbuat dari bamboo. Miris aq melihat salah satu pemandangan ini. Tak jauh dari itu kita dihadang 3 petugas , kita banyar tiket, perOrangnya Rp.4000. lalu kita dihadang lagi untuk parkir biayanya agak mahal menurut aq Rp. 5000 PER montor, g’ tahu kalau mobil berapa. Kita berdua, sejenak melemaskan badan yang tegang akibat perjalanan ini.Tak perlu lama-lama kita langsung berjalan menuju P. GOA cina kira2 100 m.
Kita yampek di goa cina “ boo” ujar aq pd Mr. E..
Indah banget,,, kita yampek 12.00 WIB. Panas saat itu, tapi tidak gersang, masih sedikit pengujung yang tiba di panatai ini. Kira2 total pengunjung saat itu 45 orang kurang lebih.
Alah taka pa sedikit menurut aq malah asyik kok, he…he…he… hah !!
( foto 1 aq di bibir pantai)
       Kita berteduh dibawah pohon yng khas di pantai, huft lupa apa namanya, lalh g’ penting.
Tak lupa kita ditemani es degan yang enkkkkk banget sama roti , yang aq bawa dari kontrkaan. 1 butir degan Rp.6000, murah kan…. Ples dianterin lagi
(ft si kebooo/ Mr.E, coba perhatikan lagi yepur. Ha…ha..)
Lama kita berteduh disitu kira 2 jam lebih sampai makan dan minuman kami habis tampa tersisa.
Sesudah kita melepas lelah di bawah pohon, kita mulai jalan arah ke kanan, maaf g’ tahu arah saat disitu.Telihat banyak karang2 besar yang berada di tengah2 pantai 4 lebih terlihat jelas oleh pandangan aq. Di situ juga terlihat banyak 2 kawanan wisatawan local yang ikut menikmati indahnya pantai ini.Mereka tak siasiakan kesempatan langsung ambil kamera dan ciiiiiiiiisss, foto maksnya. He…he…he… !!
(FT,Mrs. D  )                         
Kita teerus berjalan menyusuri pantai di sisi selatan malang ini, dengan deburan ombak yang cukup kira2 besarnya 1 meteran kayaknya, butiran pasir nan putih agak kasar.
       Owww ya… disini juga masih terawatt kebersihannya, kebanyakan sampah yang dibawa ombak ke bibir pantai yang ada.Indah, indah, indaaaaaaaaaaaaah. Banget nich pantai,
Di salah satu sudaut kita melihat da tempat yang cukup teduh, kita kesana dengan balapan lari. Dan yang menang adalah…. Mr. E, AQ kalah,,,, L.
(foto di sisi kanan pantai)
                     indah bukan pemandangannya…. Juga terlihat karang yang ada dibawah air peh… jadi pengen mandi , tapi sanyang g’ boleh mandi di sini. Kita senang banget melihat keelokkan panati ini, dengan anginya yang kencang, dan deburan ombak amat besar , aq mulai menghayutkan perahu kertas aq 1 per 1, jumlahnya ada 10 kurang lebih, tapi sanyangya prahu aq g’ mau berlayar mungkin terlalu besar deburan ombaaaknya. Prahuku berisi masa lalu, dan keingingan yang akan aq capai dalam waktu dekat ini, ammmin semoga tercapai, TANKS BUAT Mr, E,,, yg mau aq ajak libun jauh2 sampai ujung selatan malang.
        




Setelah capek kita senang2 di situ, kita berjalan menuju arah goa cinanya, tapi sayany, Mr. E g’ mau diajak naik, ketingginya kira2 7 meter .akhirnya kita turun aja dri citu dan sejenak menikmmati deburan omabk dengan batu karang yang kecil2…


Oval: Iiiiiiiimuttt kana q/ Mrs. D,,, n TUW LIHAT mancungnya si keboooo/ Mr. EJ
 



Udah pokoknya narsisi aq muncul dech,, “ jow malu ya boo akan kecentilan aq” ujar aq dalam hati, he…he…
Lanjutkan perjalanan kea rah keri pantai,,, menuju wisatawan local yang menikmati dinginnya air pantai. Jalan-jalan dengan hati2, habis lumayan licin di karang itu.Tak disangka kakinya Mr. E terluka akibat pecahan2 karang r benda2 disitu, g’ parah sih. Tapi katanya bikin sakit buat jalan“ b000ooo hati2 low jalannya, gitukan jadinya kena kaki nya”
Air mulai surut,karang2 di bawah laut mulai bermunculan. jam menunjukkan 15.30 WIB, kita memutuskan pulang sekitar jam 16.00 WIB. Sebelum pulang kami sempatkan foto lagi dan lagi. Mr. E aq ajak terus jalan menolak “ pemandanggan’e monoton sampek konow” ujarnya. Mungkin dia lelah jalan… ya udah kita akirnya memutuskan untuk siap2 pulang dan bersih2 diri. DIA mandi aq g’ he…he… habis tadi saat berangkat dia gi mandi sih ,,, “ mandi yang bersih ya b000ow”

(Foto terahkir di P. goa cina)
       16.10 WIB Kita keluar dari daerah P.Goa cina. Kita melewati jalanan yang sama seperti tadi, tapi di tengah2 perjalannan itu saat jalanannya turun hujan tiba2 turun deras baget. Lansung saja kita pakai mantel, kita tetep melanjutkan perjlaan hingga montor kami berhenti di SPBU, BENSIN Rp. 5000 ….daerah sumbermanjing. Hujan masih mengguyur kami hingga arah kepanjen., kita berhenti sejenak untuk melepas mantel dan aq yang mengalih pengemudi karena , aq kasihan sama Mr, E . COS terlihat capek…. Cukup jauh aq mengemudi mintor metic aq itu hingga aZadn maggrib pun tiba.Dan kendali diambil oleh Mr. E kembali, udara semakin dingin angina pun semakin kencang saja.Aq mulai kedinginan dan aq peluk erat tubuh kebooo. Harapan kita , cepat samapi selamat sampai kota Kediri tercinta.
       Tak disangka saat jam menunjukkan waktu 19.30 wib yang harusnya hamper sampai kota Kediri , kita salah ambil jalur. Jalur yang kita ambil jalur yang jauh dari jangkauuan pak SOpir.


















Karena perut sudah kosong banget, dan jalannan pun masih tak tampak terangnya lampu2 kotaKediri. Ternyata kita nyasar di daerah KANDAT Kediri, meski masih Kediri tapi itu Kediri kabupaten, dan untuk menuju kota jarak yang kami tempuh kira2 25 KM. “WWWWWhAAAT !!!”
       SUDAH CAPEK, PUNGGUNG DAH TEGAng banget akibat perjalanan jauh seharian ini. Kok di tambah kita nyasar, nyasar dan nyasar lagi. “asu, janthok” ujar kami berdua. Aq ambil lagi kendalinya… sampai kota Kediri. Dan alangkah senagnya kita melihat depan itu Daerah RS. Babtis dan artinya kita sampai juga kota KEDIRI. HAH….
       Tak buang2 waktu , karena perut kita amat kosong kita , lansung makan di darah RADIO ws ( mungkin) tempat biasanya kita cari mie bakso. Tanpa basa-basi aq langsung pesan dan dengan lahap aq makan mie bakso mlam itu.Mr.E terheran2 saat pertama kalinya aq makan habis duluan darinya. Ha…ha…ha…” 5f ya booo aq duluan coz kelaperan banget cih” (Mrs. D)
Pukul  21.00 wib kita samapi dirumah. Dan lansung atur posisi buat berbaring , menghilangkan sejenak ketegangan punggung kita.Samapai kita tertawa lepas, karena g’ percaya akhirnya bisa leyeh2. Cerita bersambung dulunya?????????,,,,,,J_ J_ J


Oval: TANKSSSSS BUAT KEBOOO
BUAT JALAN2NYA HARI INI
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar